160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT

Malaria dan DBD Ancam Warga Lahat

750 x 100 AD PLACEMENT

Lahat, TS – Kondisi cuaca di Kabupaten Lahat akhir-akhir ini tidak menentu, terkadang panas terkadang hujan. Kondisi cuaca tersebut rupanya membuat beberapa penyakit berpotensi menyerang. Diantaranya penyakit Malaria dan Demam Berdarah Dengeu (DBD), yang disebabkan oleh gigitan nyamuk.

“Kita harus waspada dengan kedua penyakit itu. Malaria ditularkan oleh gigitan nyamuk Anopheles betina, sedangkan DBD ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat, Taufik M Putra SKM Mkes, melalui Kabid P2P Aiwa, Kamis (2/9).

Saat ini kasus yang tercatat, sudah ada tiga kasus malaria, kemudian DBD 17 kasus berdasarkan yang masuk di aplikasi palaporan per Juli 2021. Untuk pencegahan, masyarakat harus menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan 3M mengubur, menguras, menabur larvasida genangan air. Selain itu bisa tidur pakai kelambu, hindari mengantung baju serta menjaga lingkungan tetap bersih.

“Memelihara ikan pemakan jentik nyamuk, menanam tanaman anti nyamuk juga bisa diterapkan,”tambah Kasi Pengendalian Penyakit Menular, Deni Julianto.

Pages: 1 2
750 x 100 AD PLACEMENT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like
930 x 180 AD PLACEMENT
Advertisement

Mari perkenalkan produk anda di sini

Promo Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau !